Jumat, 06 Januari 2017

Tag Dasar HTML ( Untuk Pemula )


Apa itu HTML? Menurut wikipedia Hyper Text Markup Language atau HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Lalu apa itu yang dimaksud dengan Tag pada HTML? Tag HTML adalah kata kunci yang dikelilingi oleh kurung sudut seperti <html> dan di akhiri dengan </html> seperti ini. Terimakasih untuk teman – teman yang sedang ingin belajar HTML, sebelum memulai menulis script HTML atau belajar programming, alangkah baiknya menyiapkan alat atau aplikasinya seperti Browser ( Bebas : Chrome, Internet Explore, Mozila dll ) , aplikasi xampp ( bisa download DISINI , atau baca DISINI cara penggunaan Xampp, sama dengan cara koding PHP ), atau juga aplikasi NPP atau Notepad++ ( yang belum punya bisa download DISINI . Jika sudah di instal semua, kita sudah bisa mulai belajar menulis tag html.

Berikut adalah penulisan dasar untuk Tag HTML:

    1.    Pertama – tama aktifkan xampp dan buka lembar kerja baru NPPnya.
Mulai menulis tag html, pertama tag nya di buka dengan <html> dan di akhiri </html> :



    2.    Kemudian tag selanjutnya diikuti dengan tag <head> dan di akhiri dengan </head>. Didalam tag head ini hanya mengeksekusi elemen title nya saja dan juga untuk menulis CSS secara internal :


  
    3.    Nah , berikutnya adalah menulis judul. Ini untuk mempermudah identitas Web yang bakal kita bikin :



    4.    Berikutnya adalah tag body. Disini penulisan content web dimulai: 



    5.    Ingat dan perhatikan cara penulisan scriptnya, selalu dimulai <...> dan diakhiri dengan </...> 
    Itulah cara dasar penulisan Tag HTML dengan Notepad++. Selamat belajar dan teruslah latihan. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Jangan lupa kritik dan sarannya di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungannya Gaes.

Tidak ada komentar: